Awal mula sejarah berdirinya Satpam di Indonesia adalah ketika lembaga ini secara resmi dibentuk pada tanggal 30 Desember 1980 melalui Surat Keputusan Kapolri (saat itu dijabat Jenderal Polisi Awaloedin Djamin) yang mengeluarkan SKEP/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan. Selanjutnya setiap tanggal 30 Desember diperingati sebagai HUT Satpam di Indonesia. Selanjutnya, tanggal 30 Desember 1993 Kepolisian Negara RI mengukuhkan Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin sebagai Bapak Satpam dengan mempertimbangkan jasa beliau sebagai pelopor serta tonggak berdirinya satpam di Indonesia.

Sejarah Satpam di Indonesia

Hingga saat ini beliau juga selalu memberikan motivasi dan penghargaan kepada orang-orang yang berkomitmen tinggi dalam memajukan harkat dan martabat satpam di industri keamanan. Pekerjaan anggota satpam sangat beraneka-ragam jika dilihat dalam segi pendapatan. Terkadang masih saja ada kesenjangan antara tugas yang diemban dengan kompensasi yang diterima.

Misalnya petugas satpam di suatu tempat dengan resiko tinggi dan tanggung jawab besar namu diberikan penghasilan kurang dibandingkan petugas satpam di wilayah lain yang notabenenya kurang berpengalaman maupun tidak bersertifikat pelatihan satpam namun berpenghasilan lebih besar. Hal ini menjadikan perhatian serius dari semua pihak. 

Dalam menjalan tugas dengan baik, seorang petugas Satpam yang profesional wajib memahami Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satuan Pengamanan, disingkat TUPOKSIRAN – SATPAM. Hal ini, menjadi bekal satpam mampu menjalankan tugasnya dengan baik serta mampu membantu penegakan peraturan yang berlaku. Tugas Pokok satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya. Sedangkan, fungsi satpam adalah melindungi dan mengayomi lingkungan atau tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya.

Dan dalam pelaksanaan tugasnya sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, satpam berperan sebagai unsur pembantu Polri, pimpinan organisasi, perusahaan dan/atau instansi/lembaga pemerintah dalam hal pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan peraturan perundang-undangan serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan (security mindedness dan security awareness) di lingkungan atau tempat kerjanya.

Dunia satpam di Indonesia memiliki masalah yang sangat kompleks, terkait sumber daya manusia, manajemen dan kompleksitas teknologi keamanan. Hingga saat ini, satpam masih belum dikelola dengan baik secara maksimal meskipun mereka memainkan peranan yang penting dalam hal perlindungan dan pengamanan roda ekonomi agar tercipta iklim yang kondusif.

Bahkan, di beberapa negara maju seorang satpam (security officer) menjadi bagian penting di pemerintah dalam segi keamanan nasional seperti di luar negeri yang terkenal sebagai petugas keamanan yang mengawasi aset-aset baik swasta maupun pemerintah, dimana pemerintah negara tersebut justru memberikan kompensasi lebih besar kepada petugas keamanan yang menjaga gedung-gedung pemerintah dibandingkan gedung-gedung swasta.

Seperti keberadaan satpam di Indonesia masih menganggap remeh dan memandang sebelah mata terhadap profesi tersebut. Hal ini terjadi akibat rendahnya kesadaran masyarakat tentang keamanan belum cukup. Kebanyakan menganggap satpam adalah pekerjaan yang kurang diminati oleh para pencari kerja. 

Citra satpam di tengah-tengah masyarakat sebagai pekerjaan rendahan, tidak memiliki jenjang karir atau bahkan ada yang menyebutnya ‘pengangguran yang diberikan solusi menjadi petugas keamanan’. Tidak dapat dipungkiri jika masih ada orang-orang maupun perusahaan yang merekrut personil satpam secara sembarangan saja tanpa melihat penyedia jasa layanan yang terbaik seperti Group Tangguh Security sudah terkenal dan memberikan banyak solusi keamanan bagi berbagai macam industry.

Misalnya satpam pribadi di perumahan-perumahan mewah yang merekrut orang sekitar, syaratnya asal mau saja cukup, lalu dibelikan seragam satpam tanpa melalui pendidikan dan pelatihan sesuai kurikulum satpam yang berlaku. Padahal seragam merupakan sebuah identitas dan kebanggaan tersendiri untuk yang mengenakannya. Untuk itu harus disadari pentingnya seorang satpam menggunakan atribut dan seragam dengan lengkap sesuai ketentuan yang berlaku. Anda perlu memilih jasa penyedia keamanan yang terbaik dan sudah berpengalaman agar perasaan aman bisa Anda rasakan.

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan, dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah, seragam satpam dibedakan dengan seragam kerja profesi lainnya dan telah diatur oleh peraturan perundang-undangan.

Segera konsultasikan kebutuhan layanan jasa keamanan perusahaan Anda dengan PT. Sarana Semesta Sejahtera (Group Tangguh Security) dengan banyak pengalaman dan keamanan legalitas yang dimiliki sebagai perusahaan jasa keamanan terpercaya di Indonesia. Segera kunjungi website kami di https://sss-tangguh.co.id/pelatihan-satpam/ untuk informasi lengkap yang Anda butuhkan seputar pelatihan satpam. Jika Anda berminat, silahkan klik tombol hubungi kami sekarang yang akan otomatis terhubung ke whatsapp kami dan email kami di group_tangguh@yahoo.com. Kami siap membantu Anda dan meningkatkan keamanan lingkungan perusahaan dan bisnis Anda. 

PT. Sarana Semesta Sejahtera

(Group Tangguh Security)